Makassar Big Lovely City

Kota Makassar atau disebut Ujungpandang, terletak di barat daya pulau Sulawesi dan merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi selatan. Pertama kali berencana pergi ke tempat ini, bingung sekali karena ada banyak tempat yang bagus dan harus di kunjungi kalau pergi ke sini.So, inilah tempat-tempat yang kami kunjungi ketika berkunjung ke negeri Angin Mamiri. (^0^)

Pantai Losari, sudah pasti harus dan wajib di kunjungi teruatama pada malam minggu, ada banyak penjual yang menjual pisang epe makanan khas makassar, di sepinggir pantai losari. Lalu dengan 5000 rupiah kita bisa naik perahu keliling pinggiran pantai losari dan menikmati sunset.

Pemandangan malam minggu di Pantai Losari

Klenteng Xian Ma, terletak di jalan Sulawesi No. 112 kawasan pecinan, China town ini sudah menjadi objek wisata. Bangunan yang mempunyai 5 lantai ini, mempunyai desain indah patung-patung jadi serasa berada di negeri tirai bambu.

Diantar berkeliling kelenteng oleh guide

Patung-patung nan indah di dalam kelenteng

Pemandangan di lantai 5 

Benteng Fort Rotterdam, merupakan tempat para pembela tanah air yang di tawan oleh Belanda. Sekarang bneteng ini menjadi Museum dan tempat foto-foto yang bagus.

Benteng Fort Roterrdam

Makam Pangeran Diponegoro, sebagai orang yang tinggal di pulau Jawa jangan lupa untuk berziarah ke makam pangeran Diponegoro, itu menurut guide kami. wkwkwk lucu juga sih tapi sekalian mengingat pelajaran sejarah bahwa pangeran Diponegoro setelah ditangkap Belanda, kemudian ditawan di Benteng Fort Rotterdam sampai akhir hayatnya dan di kuburkan di  Makassar. Makam ini terletak di dalam kota Makassar di jalan Diponegoro.

Makam Pangeran Diponegoro

Alun alun Kareboshi, ini sih katanya alun-alun yang di bawahnya terdapat pusat perbelanjaan. Penasaran seperti apa, ternyata memang ada Mall kecil yang ada di bawah tanahnya. Tapi, sayangnya ketika kami kemari di Alun alun Kareboshi ini sedang ada kampanye.

Karebosi alun-alun

Alun-alun yang di bawahnya terdapat mall

Pulau Samalona, pulau indah dengan pasir putih. Tempat snorkeling dan diving yang indah. Terletak 20 menit dari pelabuhan menggunakan boat.

Pemandangan di Pulau Samalona

Papan selamat datang

Pelabuhan Yusuf Kalla, katanya pelabuhan tempat barang-barang dari berbagai daerah dan negeri transit di pelabuhan besar ini punya Pa Yusuf Kalla. Tetapi, karena tempatnya bagus, jadi tidak ada salahnya berkeliling kemari menggunakan perahu sekalian pulang dari pulau Samalona.

Pemandangan dari boat pelabuhan terbesar

Hotel Baji Gau, karena murah, jadi kami sekeluarga menginap di sini, kamarnya luas ada air panas dan ada sarapannya juga, lumayan lah buat per malam seharga 180.000 rupiah nett. Letaknya ada di jalan Baji Gau no. 32A. Bentuk dari depannya siy berupa ruko, tetapi ketika masuk ke dalam, hotel ini lumayan luas.

Tampak luar hotel Baji Gau

Pusat Oleh-oleh, terdapat di sepanjang jalan Somba Opu letaknya di dekat pantai Losari. Yang terkenal di jalan ini siy toko Ujung, karena terkenal dengan kopi Toraja buatan sendiri. Tapi, untuk barang-barang lainnya lebih murah di toko Keradjinan.

Pisang Epe

Es Pisang Ijo

Conro Bakar

Es Pisang Ijo, Pisang Epe, Konro Bakar, makanan khas Makassar yang wajib di coba. 

Sebenarnya luas sekali kota Makassar ini, ada Mall besar di jalan Panakukang, tetapi tujuan kami kemari bukan untuk belanja di Mall tapi untuk menikmati apa yang menjadi ciri khas kota ini. Kira-kira kapan yaahh bisa balik kesini lagi?? 

Comments

  1. Kapan yah bisa ke sinih?

    ReplyDelete
  2. untuk kulinernya masih banyak yang harus dicoba neng....ada bakpao di kios lampobatang, ada ikan bakar di rumah makan lae lae,ada makanan haram di sepanjang jalan timor,...jalan ke gowa kurang lebih 25 menit dari kota makassar ada kesultanan gowa dan bisa masuk untuk liat liat barang barang peninggalan kerajaan gowa dan kalo beruntung bisa pakai baju adat sulawesi selatan "baju bodo" untuk difoto,.....

    ReplyDelete
  3. hi mau tanya, harga hotel baji gau itu booking di hotel langsung atau pesan via travel ya ?
    T

    Thanks

    ReplyDelete

Post a Comment