Menggunakan kartu Kredit


Sekarang ini sudah jamannya kredit, semua bisa di kredit (dicicil. red) sehingga sangat sangat memudahkan kita untuk mempunyai sesuatu. Sudah pasti itu ada kelebihan dan kekurangannya.
kelebihannya, tentu saja kita jadi lebih mudah untuk mempunyai barang yg kita inginkan, lebih dahulu.
Lalu... kekurangan sudah tentu sangat banyak. Kita cenderung menjadi lebih konsumtif karena barang yang kita pingin mudah sekali didapat, hmmm... bunga yang besar, tentu saja sekalinya kita terlambat membayar, bunganya akan menjadi sangat besar sekali, apalagi bunga kartu kredit yang beban bunganya akan dibungakan lagi sehingga tagihan terasa tiada berakhir... :D

Ada beberapa teman, yang mengeluhkan bahwa dia harus selalu membayar hutang setiap bulannya dengan bunga yang sangat besar. Tetapi, dia tidak ada kapoknya untuk tidak menggunakan kartu kreditnya... hmmppttt....

Pertama kali saya mendapatkan fasilitas kartu kredit, dunia serasa milik sendiri karena semua bisa saya beli hanya dengan sebuah kartu kecil praktis yang bisa dibawa kemana-mana. Apalagi dengan iming-iming promo diskon yang sangat menggiurkan membuat pikiran saya ahh.. saya sedang berhemat. Wah... dunia merasa menjadi sangat indah pikir saya waktu itu karena saking senangnya. Tetapi, ketika tagihannya datang, saya kaget sekali karena tidak mengira saya berbelanja sebanyak ituhhh.... saya pikir.. diskon, hadiah yang ditawarkan sangat-sangat menggiurkan.

Dalam keadaan panik karena gaji dan tagihan lebih besar tagihan utang, saya mulai berfikir, sangat tidak baik ini kartu, walaupun sangat menguntungkan tetapi kalau tidak terkontrol akan sangat berbahaya.

Berdasarkan pengalaman, berikut cara saya untuk menggunaan kartu kredit dengan maksimal dan tentu dengan benar... :D

first of all, kamu harus tau dulu ini hutng kalau tidak dibayar kamu akan membayar lebih banyak, kebanyakan orang hal ini adalah hal yang masih bisa ditoleransi karena mereka berfikir ahh... biar saja bayar sedikit lebih untuk menunggu waktu yang lebih lama untuk membayar, tetapi StOP itu pikiran salah!!
Dengan kamu membiarkan hal ini terjadi, hutang nya malah tidak akan terbayar.

Yang kedua, ketika mau membayar di kasir apa ini bisa dibayar secara cash? kalau bisa ya bayar saja cash... Kalau tidak ada keperluan urgent jangan dipakai yaah...

Lalu, ketika kamu mau menggunakan kartu kredit untuk membayar, setidaknya kamu harus sudah memperhitungkan pendapatan yang kamu terima untuk membayar, kalau tidak cukup tidak usah hehehe

Sebenarnya, keuntungan kartu kredit besar juga seperti kalau kita hobby nonton, kan ada beberapa bioskop yang buy one get one. Lalu, ada juga beberapa restoran yang diskon 50% untuk dine in, nah yang ini lebih untung kalau kita makannya banyakan. (pengalaman dot kom) karena kalau cuman sendiri atau berdua sama-sama sajah jatohnya, karena ada minimum ordernya.

Lalu keuntungan selanjutnya, kita bisa mencicil barang yang mahaaaalll yang tidak bisa kita beli kecuali mengkredit. ;) So, anggap menabung di awal saja sih ini tuh.

Nah, sekian pengalaman dari saya. Kalau kita cermat dan berhikmat segala sesuatu pasti jadinya baik unuk kelangsungan hidup. so bijak neh.. (^0^)/

Semoga bermanfaat yah...


Comments

  1. alo kak, seneng ya abis dapet kartu kredit, brp limitnya kak & dari bank apakah? pengen juga soalnya, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloww riana, salam kenal juga yah.. (^.^)
      gak nganjurin siy sebenernya wkwkwk...

      Delete

Post a Comment